Sabtu, 18 Oktober 2014

4.Pengaturan Tabel Excel

PENGATURAN  TABEL EXCEL
Tabel merupakan kumpulan sel yang tersusun dalam baris dan kolom. Untuk membuat data dalam tabel tampil lebih jelas terorganisir dan memenuhi kebutuhan maka dibuat pengaturan tabel
Pengaturan tabel antara lain meliputi:
1.mengatur lebar kolom
2.mengatur tinggi baris
3.mengatur bingkai
4.mengatur background sel ataupun tabel
5.penggabungan sel-sel
6.menyisipkan baris
7.menyisipkan kolom
8.menghapus baris
9.menghapus kolom
10.menyembunyikan baris
11.menyembunyikan kolom
12.memilih gaya/style tabel

1.Langkah Mengatur Lebar Kolom
Lebar kolom dala suatu tabel dapat dibuat semuanya  sama atau berbeda beda sesuai kebutuhan.
Contoh kita akan membuat ukuran lebar kolom C,D,E,G  menjadi sama.    
1a.Mengatur lebar Kolom Secara Formal 
1.        blok sel pada C,D,E kemudian tekan CTRL klik sel di G
2.        klik tab Home
3.        klik tombol drop di tool Format
4.        klik Column Width
5.        ketik ukuran kolom yang dibutuhkan misalnya ketik 20
6.        klik OK



1b.Mengatur Lebar Kolom Menggunakan Draging Pembatas Column Header 
               --------------------------------------------------------------------------------------------


2.Langkah Mengatur Tinggi Baris
2a.Meninggikan Baris Secara Formal
Misalnya meninggikan baris judul kolom .
1.  klik di salah satu sel pada baris yang akan ditingggikan
2.  klik tab Home
3.  klik tombol drop di tool Format
4.  klik Row Height
5. ketik ukuran tinggi baris yang dibutuhkan 
6. klik OK


2b.Meninggikan Baris Menggunakan Draging Pada Pembatas Row Header
Cara lain mengatur tinggi baris dengan mengklik tahan geser tombol kiri mouse (draging)  pembatas baris yang akan ditinggikan ke arah atas atau ke arah bawah untuk merendahkan  sambil memperhatikan tampilan otomatis ukuran tinggi baris seiring dengan pergeseran yang kita lakukan. Kelemahan cara ini adalah kadang kesulitan dalam draging untuk menepatkan ukuran tinggi baris yang teliti sesuai kebutuhan.
Untuk mengatur tinggi baris beberapa baris maka blok baris mana saja yang akan di atur sama tingginya.
Cara memblok banyak baris:
klik baris awal,
tekan tahan  tombol CTRL di keyboard
klik row header baris mana saja yang akan diformat
posisikan pointer pada pembatas row header mana saja yang diblok
draging pembatas salah satu Row Header yang diblok ke arah bawah untuk menambah tinggi baris sesuai kebutuhan.


---------------------------------------------------------------------------------------------


           3.Langkah-langkah  Pengaturan Bingkai
         Suatu tabel dapat dibuat bingkainya dengan garis yang sama atau berbeda, sesuai kebutuhan.
           Di bawah ini merupakan contoh pembuatan semua bingkai dengan garis sambung .
a.    klik sel paling sudut kiri misalkan B5,drag blok ke sel sudut kanan atas misal F5 kemudian ke sudut kanan bawah misal F15,  lepaskan tekanan pada tombol mouse. Catatan: Awal dan akhir pemblokan dapat bebas dilakukan dimulai dari sel sudut mana dan diakhiri ke sel sudut mana terserah kemauan kita.
           b.    klik tombol drop di tool Borders 
           c.     klik All Borders  karena akan menerapkan bingkai pada semua bagian tabel luar dan
    dalam
            


              ---------------------------------------------------------------------------------------------
   
4.Langkah-langkah  Mengatur  Background  Sel ataupun Tabel
     Background yang akan dibuat  misalnya warna tunggal dari Theme Colors:
a.     blok bagian tabel yang akan diberi warna latar misalnya kepala kolom tabel B5 s.d F5
b.    klik tombol drop di tool Fill Color
c.     klik warna latar yang diperlukan misalnya kuning


mari coba lakukan pemberian background warna hijau pupus pada bagian isi tabel lainnya dengan langkah awal 1,2,3, yang sama dengan di atas.  Ambil pilihan warna hijau pupus di More Colors…

                 ----------------------------------------------------------------------------------------------


5. Langkah-langkah Penggabungan Sel-Sel
Dua atau beberapa sel kadang-kadang butuh digabung menjadi satu agar dapat menampilkan data maupun informasi secara gamblang.
Orang sering menggabungkan beberapa sel untuk menampilkan judul tabel, menampilkan ringkasan judul kolom yang memiliki data seri  ataupun untuk menampilkan keterangan –keterangan yang dibutuhkan.  Sel-sel yang telah digabung nantinya masih dapat dipisahkan kembali seperti asalnya.
Contoh peraktiknya kita akan membuat judul tabel diatas yaitu nama usaha dan alamatnya (tentunya ini nama dan alamat fiktif hanya sebagai bahan latihan….hehehe)
1.        blok sel B2 s.d F2
2.        klik di Tab Home
3.        klik tool 
4.        ketik teks  : UD.SENTOSA JAYA
5.        sorot  sudut kanan bawah hingga pointer tampil tanda + hitam
6.        klik drag ke bawah satu baris agar penggabungan sel-sel yang tadi diduplikasi
7.        ketik (Menjual Alat dan Bahan-Bahan Bangunan)
8.        klik pointer di  sembarang sel untuk melihat hasilnya

              ----------------------------------------------------------------------------------------------------------------


6. Langkah  Menyisipkan Baris
Dapat dilakukan penyisipan baris 1 atau beberapa baris sekaligus sesuai kebutuhan.
Pada tabel contoh agar memenuhi kebutuhan pengetikan alamat dan keluwesan tampilan maka perlulah ditambahkan 2 baris di atas baris judul kolom. Posisi baris baru akan tampil di atas sel atau baris yang diblok/aktif.
      6a.Menyisipkan Baris Secara Formal
1.  klik 2 sel saja yang mewakili 2 baris yaitu blok B5 s.d B6
2.  klik tab menu Home
3.  klik Insert Sheet Rows
4. Copy lagi bagian judul hasil merger sel di atasnya ke bawah sebanyak 1 baris dengan cara sorot sudut kanan bawah judul hingga mun cul pointer  tanda  + hitam klik , draging pointer + hitam ke bawah sebanyak 1 baris.
5. Ketik Jl.Persada No 35 B . Medan Makmur


6b. Menyisipkan Baris Menggunakan Shortcut di dalam blok pada tabel
1.     blok B5 s.d B6
2.     klik kanan di dalam blok sel pilih Insert…
3.     klik Entire Row
4.     klik OK



      6c. Menggunakan perintah shortcut (klik kanan mouse) di Header Rows patokan
1.  Blok di header row 5 s.d 6
2.  Klik kanan di dalam blok 5 s.d 6  pilih Insert


               ------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

7.Langkah  Menyisipkan Kolom
Kolom yang disisipkan tampil di depan kolom atau sel kolom patokan
Pada contoh misal kita ingin menambahkan kolom untuk Kode Barang yang posisinya sebelum kolom Harga per satuan (di kolom D).
          7a.Menyisipkan Kolom Secara Formal
1.     klik di salah satu sel pada kolom D  di luar tabel ataupun sel di dalam tabel sama saja
2.     klik tab Home
3.     klik tombol drop Insert
4.     klik Insert Sheet Columns.
5.     Ketik Kode Barang di judul kolom baru
Cara lainnya dapat dilakukan dengan pola langkah yang sama dengan cara 2 dan 3 pada  langkah penyisipan baris.




  7b. Menyisipkan Baris Menggunakan Shortcut di dalam blok pada tabel
  Contohnya pada tabel di bawah ini kita ingin menambahkan 2 kolom sebelum kolom E yang     
  nantinya  kita gunakan sebagai kolom Kode Obat dan Satuan Kemasan.  Pada cara 7b
  Ini kita cukup memblok sel perwakilan kolom E dan F . Mengapa kita memblok sel
  perwakilan E dan F? Karena kita butuh 2 kolom baru yang posisinya sebelum kolom E.
1.     blok sel perwakilan kolom E dan sel perwakilan kolom F
2.     klik kanan di dalam blok sel tersebut l pilih Insert…
3.     klik Entire Row
4.     klik OK


7c.Menyisipkan Kolom Menggunakan Shortcut di Column Header
1.Blok Column Header E dan F,  Mengapa ?  karena kita butuhkan penyisipan 2 kolom sebelum kolom E. Klik kanan di dalam bloknya
2.Klik Insert

           ---------------------------------------------------------------------------------------------


8.Langkah Menghapus Baris
Dalam pembuatan data /informasi  kadang  diperlukan penghapusan data yang ada pada baris, dalam 1 baris atau lebih.

8a.Menghapus Baris Menggunakan Secara Formal
Pad contoh ini misal yang akan dihapus 2 baris . di tabel bawah ini yaitu Nama obat 5 dan 6
1. blok sel perwakilan baris  obat 5 dan 6 (karena yang butuh dihapus  lebih dari  satu baris)
   klik Tab Home
2. klik tombol drop di tool Delete
3. klik Delete Cells...
4. klik Entire Rows 
5. klik OK


atau setelah langkah 1,2,
klik Delete Sheet Rows
      
8b.Menghapus Baris Menggunakan Shortcut di Row Header
Cara paling cepat mengapus baris:
Klik kanan row header baris yang akan dihapus, klik Delete
atau  jika yang akan dihapus lebih dari satu baris maka blok beberapa row header yang akan dihapus, klik kanan di daerah dalam blok klik Delete

           ------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


9.Langkah Menghapus Kolom
Dalam penyajian data/informasi kadang juga diperlukan  menghapus kolom

9a.Menghapus Kolom Secara Formal
9a.Menghapus Kolom Secara Formal
Pada contoh ini yang akan dihapus 2 kolom di E dan F
1.Blok sel perwakilan E dan F
  Klik tab Home
      2.klik tombol drop di tool Delete
3.klik Delete Cells...
4.klik Entire Column
5.klik OK
atau  cara lainnya
setelah alngkah 1,2
klik Delete Sheet Columns

atau cara lain
1.blok Column Header E dan F 
  klik Tab Home
2.klik tombol drop di tool delete
3.klik Delete Cells

9b.Menghapus Kolom Menggunakan Shortcut pada Column Header 
Cara paling cepat menghapus  kolom :
1.klik kanan di column header kolom yang akan dihapus(jika yang akan dihapus 1 kolom) ,atau blok header row kolom-kolom yang akan dihapus(jika ada beberapa kolom yang akan dihapus)
2.klik Delete

      9c.Menghapus Kolom Menggunakan Shortcut pada bagian Tabel yang diblok
      1.blok sel yang mewakili kolm yang akan dihapus
      2.klik kanan di daerah blok klik Delete..
      3.klik Entire Column
      4.klik OK
          -----------------------------------------------------------------------------------------------


10.Menyembunyikan Baris 
Mungkin suatu waktu data pada  suatu kolom atau baris kurang diperlukan  tetapi penting diperlukan saat yang akan datang. Kita tidak harus menghapus baris atau kolom tersebut tetapi cukup dengan menyembunyikannya sehingga bila diperlukan dapat ditampilkan kembali.
10a.Menyembunyikan Baris Secara Formal
Misal pada contoh sheet………. Yang akan disembunyikan barisnya 14 sa.17
 1.        klik header row 14 s.d 17  
 2.        klik tab menu Home 
 3.        klik Format 
 4.        klik Hide /Unhide  
 5.        klik Hide Rows

Menampilkan kembali baris yang telah disembunyikan:
     1.blok barisyang urutannya  sebelum dan sesudah baris yang disembunyikan
      2.klik Tab Home
      3.klik tool Format
      4.klik Hide & Unhide
      5.klik Unhide Rows


     10b.Menyembunyikan Baris Menggunakan  Shortcut pada Row Header
    Menampilkan kembali baris yang telah disem bunyikan:
    1.Blok baris yang urutannya sebelum dan sesudah baris yang disembunyikan klik kanan di dalam bloknya
     2.klik Unhide

                ------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

  
    11.Menyenbunyikan Kolom
  11a.Menyembunyikan Kolom Secara Formal
   Misal menyembunyikan kolom D
1.  klik header kolom D atau salah satu sel di kolom D
2.   klik tab menu Home
3.   klik Format
4.   klik Unhide & Unhide
5.   Hide Columns


            Untuk menampilkannya kembali kolom tersembunyinya adalah dengan:
1.     blok kolom sebelum dan sesudah kolom yang disembunyikan
2.     klik tab Home
3.     klik tool Format
4.     klik Hide & Unhide Column
5.     klik Unhide Column
                 
  11b.Menyembunyikan Kolom Menggunakan Shortcut Di Colomn Header
   1.  blok Colomn Header kolom yang butuh dihapus,  klik kanan di dalam bloknya
   2.  klik Hide

            Untuk menampilkannya kembali kolom tersembunyinya adalah dengan:
1.     blok kolom sebelum dan sesudah kolom yang disembunyikan
2.     klik tab Home
3.     klik tool Format
4.     klik Hide & Unhide Column
5.     klik Unhide Column

       ---------------------------------------------------------------------------------------------


12.Memilih Gaya/Style Tabel
Excel menyediakan banyak gaya  style tabel beserta berbagai  pengaturan di dalamnya. Kita tinggal hanya memilih style yang tersedia sesuai kebutuhan. Style yang disediakan Excel memudahkan kita untuk membuat tabel secara instant tanpa repot-repot memformat sendiri gaya/style tabelnya.
Style yang sudah diterapkan dapat diganti dengan style yang lainnya sesuai kebutuhan.


Sekian dan Terima Kasih..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar